Kalimat Salam

Assalàmu ‘alaikum

Assalàmu ‘alaikum adalah kalimat salam pembukaan yang biasa diucapkan oleh kaum Muslimin. Sebagai umat Islam, marilah kita tebarkan salam secara Islami. Maksudnya, dalam hal ini kalimat salam yang sesuai dengan tuntunan Islam adalah (minimal) “Assalàmu ‘alaikum” dan tidak perlu disingkat- singkat lagi. Sebab jika kalimat salam tersebut disingkat, maka bisa jadi artinya pun akan menjadi berbeda.

Mengenai kalimat salam yang disingkat, berikut ini ada beberapa kata/ kalimat yang belakangan ini sering dipakai sebagai singkatan daripada kalimat salam dan masing- masing kalimat tersebut memiliki arti yang sangat jauh berbeda dengan arti salam yang sesungguhnya.

  1. as : orang bodoh
  2. ass : pantat
  3. askum : celakalah kau
  4. assamu : racun
  5. samlekum : matilah kau
  6. mikum : bahasa Ibrani artinya mari bercinta

Nah, sekarang kita sudah mengetahui artinya. Saya harap, kita mulai membiasakan diri untuk menuliskan kalimat salam sesuai tuntunan Rasulullah sebagai berikut:

  1. Assalàmu ‘alaikum (paling pendek) dengan sepuluh kebaikan
  2. Assalàmu ‘alaikum wa rohmatullah (sedang) dengan dua puluh kebaikan, dan
  3. Assalàmu ‘alaikum wa rahmatullàhi wa barakàtuh (lengkap) dengan kebaikan yang sempurna.

Demikianlah untuk postingan singkat ini mengenai PENULISAN KALIMAT SALAM YANG BENAR sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Semoga kita diberi kekuatan untuk menegakkan syareat islam secara menyeluruh, aamiin.

Wassalàmu ‘alaikum.